Manfaat Olahraga Bagi Penderita Stroke

Manfaat Olahraga Bagi Penderita Stroke

Penyakit stroke terjadi karena pasokan darah ke otak berkurang akibat penyumbatan. Penyumbatan darah yang menjadi lambat biasa terjadi karena sesorang sedang banyak banyak pikiran dan akhirnya menjadi stres. Stres berlebih akan membuat peredarah darah tidak lancar, dan menyebabkan dampak salah satunya adalah stroke.

Manfaat Olahraga Bagi Penderita Stroke

Orang yang mengalami stroke juga membutuhkan olahraga agar cepat sembuh. Pergerakan kecil akan membantu saraf dan peredaran darah agar bisa sampai ke otak. Apa saja jenis olahraga yang cocok untuk penderita stroke ? Yuk, langsung saja simak informasinya dibawah ini bersama www.taipofc.com !

Jenis Olahraga yang Tepat Dilakukan Untuk Orang yang Terkena Stroke

Jenis Olahraga yang Tepat Dilakukan Untuk Orang yang Terkena Stroke

  • Latihan peregangan

Olaharaga pertama yang bisa diambil orang yang sedang mengidap penyakit stroke adalah latihan peregangan. Bagian saraf akan banyak yang fungsinya berkurang karena serang stroke. Untuk mengembalikan fungsi dan kekuatan otot pada saraf, latihan peregangan sangat dibutuhkan. Contoh peragangan yang bisa dilakukan adalah menggerakkan jari, memainkan bagian mulit, gerakan mata, gerakan kecil di kaki.

  • Jinjit

Stoke adalah dimana kondisi tubuh si penderita tidak bisa bergerak cepat dan banyak. Untuk mendapatkan tahap penyembuhan yang cepat, olahraga terbaik yang bisa dipilih adalah melakukan jinjit. Gerakan ini juga bagus untuk tetap menjaga keseimbangan tubuh. Anda hanya perlu berpegangan pada kursi. Lantas, angkat kaki kanan dan gerakkan secara menyilang ke kiri dan sebaliknya.

  • Latihan pundak

Berdasarkan penelitian seorang terapis ternama asal Tionghoa bernama Hoang Tran. Olahraga latihan pundak akan sangat penting bagi orang yang sedang terkena serangan stroke. Karena bagian yang akan sangat sulit digerakkan adalah pada bagian atas tubuh, termasuk pundak. Gunakan 1 handuk kecil, dan taruh dibagian belakang pundak, lalu gerakkan dengan tangan kiri dan kanan dengan gerakan saling menarik.

  • Latihan kaki sembari duduk

Latihan kaki dengan intensitas tinggi merupakan metode yang baik untuk mengembalikan energi gerak. Gerakan latihan kaki ini bisa dilakukan sembari duduk. Gerakan yang bisa dicoba antara lain melipat kaki. Angkat hingga tekan ke bagian perut dan ulangi sebanyak 10 kali. Selain itu, Anda juga bisa mengangkat kaki hingga lurus, gerakkan kaki menyilang, dan lipat kaki namun tak perlu sampai menempel ke bagian perut. Lakukan gerakan tersebut secara berulang.

  • Standing hip abduction

Standing hip abductionmerupakan salah satu jenis olahraga untuk penderitastroke yang berfungsi memperkuat otot pinggul dan kaki Anda. Gerakan ini juga bekerja pada perpindahan berat badan untuk memiliki kontrol yang lebih baik saat Anda berjalan.

Demikianlah informasi singkat dan menarik kami kali ini, untuk informasi menarik lainya, silahkan baca : Kegiatan Sit Up Membantu Kecilkan Perut Buncit.