Jenis Olahraga Yang Cocok Untuk Ibu Hamil

0 Comments
Jenis Olahraga Yang Cocok Untuk Ibu Hamil

Menjadi seorang ibu hamil terkadang membuat kita susah bergerak dan melakukan berbagai aktivitas. Tak terkecuali dengan olahraga.

Mereka biasanya tidak mau berolahraga dengan membawa beban perut yang sangat berat tersebut. karena itulah, banyak dari mereka yang tidak berolahraga.

Padahal kenyataannya olahraga sangat penting dilakukan untuk ibu hamil karena bisa mempengaruhi kesehatan ibu dan calon bayi.

Apalagi jika kalian baru saja hamil dan belum memiliki perut yang terlalu besar sehingga masih bisa melakukan olahraga.

Walaupun di awal kehamilan mungkin kalian akan merasa tidak nyaman, namun tetap saja kalian harus melakukan olahraga sedikit.

Olahraga yang dilakukan juga tentu saja harus aman bagi ibu dan si buah hati. Artinya, kalian tak boleh melakukan olahraga yang terlalu berat.

Nah, untuk memudahkan kalian, di bawah ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi olahraga terbaik yang bisa kalian lakukan di masa kehamilan.

 

1.Pilates

Jenis Olahraga Yang Cocok Untuk Ibu Hamil

Olahraga yang satu ini bisa membantu kalian mengatasi masalah nyeri punggung yang selalu hadir di setiap kehamilan.

Selain itu, juga bisa membantu kalian memperbaiki otot-otot tubuh hanya dengan beberapa gerakan dan dengan alat bantu.

Jika menggunakan bantuan orang lain atau instruktur, mereka biasanya akan mengajarkan kalian untuk memperkuat sesi pertama terlebih dahulu baru setelah itu mempelajari keseimbangan tubuh.

Pilates bisa kalian coba untuk melakukan olahraga sedikit di rumah. Namun, perlu diperhatikan bahwa kalian tidak boleh melakukan gerakan seperti berbaring atau memutar tubuh bagian perut karena tentu saja akan sangat berbahaya.

 

2.Yoga

Yoga

Yoga merupakan olahraga yang umum dilakukan oleh para ibu. Olahraga ini selain menenagkan juga sangat mudah dilakukan oleh mereka.

Biasanya mereka akan menggunakan instruktur yoga untuk membantu mereka berlatih atau hanya berlatih lewat Youtube.

Olahraga ini juga bisa membuat tubuh lebih seimbang dan kuat bahkan bisa menjaga tekanan darah dan kecepatan pernapasan yang akan membantu saat lahiran nanti.

Yoga memang aman dilakukan namun seperti olahraga sebelumnya, kalian harus menghindari gerakan-geraan seperti memutar bagian perut atau bertumpu dengan kepala. Sebaiknya lakukan yoga minimal seminggu sekali dengan durasi cukup 30 menit saja.

 

3.Berenang

berenang

Berenang juga bisa menjadi pilihan bagi kalian ibu hamil yang tak terlalu suka olahraga berat. Berenang juga menyenangkan karena lebih terasa rileks dan tidak berkeringat.

Selain itu, olahraga ini juga bisa menenangkan otot yang kaku selama kehamilan dan membuat tubuh lebih nyaman.

Namun, jika kalian sudah merasa lelah, sebaiknya kalian berhenti dan naik dari kolam. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan stretching atau pemanasan sebelum masuk ke kolam.

Lakukan olahraga ini selama kira-kira tiga kali dalam seminggu dan lakukan selama 20 menit per sesinya saja.

 

Itulah 3 olahraga yang bisa ibu hamil lakukan untuk tetap menjaga kesehatan dan kenyamanan ibu serta calon buah hati. Tentu saja olahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh ibu dan calon bayi nantinya.

Namun, jangan sampai kalian kelelahan dan malah membuat olahraga menjadi beban bagi kalian ya. Jangan lupa juga untuk istirahat dan tidur yang cukup supaya tetap sehat dan bugar.

Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian para calon ibu yang saat ini ingin lebih memperhatikan kesehatan kalian serta kesehatan calon buah hati kalian nanti nya.