6 Olahraga Senam Lantai dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Kalian

0 Comments
6 Olahraga Senam Lantai dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Kalian

Senam lantai ini sangat berguna dan bisa dilakukan oleh anak-anak hingga dewasa loh! Biasanya sering diajarkan di sekolah untuk memperkuat kesehatan tubuh anak-anak tk hingga remaja.

Walaupun begitu, ayah dan ibu dirumah juga tetap bisa melakukannya untuk mendapatkan manfaatnya. Senam lantai yang tidak membutuhkan peralatan tambahan hanya butuh sekedar matras atau dilantai biasanya bertujuan untuk melatih kekuatan dan keseimbangan.

Sama seperti halnya olahraga, jika kalian melakukan dengan teknik yang benar hingga sempurna maka tubuh akan menerima manfaat yang maksimal.

Kalian hanya membutuhkan matras atau lantai dilapisi dengan karpet karet yang memungkinkan kalian tidak merasa sakit saat terjatuh atau cedera.

Nah, berikut ini adalah berbagai jenis senam lantai yang bisa dilakukan anak muda hingga dewasa.

1.Sikap lilin

6 Olahraga Senam Lantai dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Kalian

Memang agak sulit gerakannya namun jika sering dicoba pasti akan bisa. Tubuh kalian akan menerima manfaat yang banyak seperti meringankan kram perut akibat mens untuk wanita, meregangkan oto leher dan punggung atas, meringankan gangguan pencernaan, dan banyak lainnya.

Sikap ini berbentuk seperti lilin yang dimana tubuh lurus bertumpu pada bahu dengan siku dan tangan membantu menopang berat tubuh di pinggang.

Namun, tidak semua orang tertentu bisa melakukan gerakan ini seperti wanita hamil, hipertensi, dan glaucoma.

2. Berguling ke Depan (Roll Depan)

Berguling ke Depan (Roll Depan)
Gerakan yang cukup mudah ini biasanya diajarkan di sekolah. Gerakan yang satu ini merupakan gerakan yang paling awal untuk dipelajari.

Roll depan diawali dengan berdiri lalu jongkok dengan kedua tangan kedepan dibuka selebar bahu kemudian masukkan dagu mendekati dada dengan mendorong tubuh kita kedepan mengarahkan kepala mendekat ke lantai.

Ingat, yang bertumpuan dengan lantai adalah punggung belakang kalian atau bawah leher bagian belakang kalian, jangan sampai kepalanya ya nanti sakit!

3. Berguling ke Belakang (Roll Belakang)

Berguling ke Belakang (Roll Belakang)
Gerakan yang satu ini juga hampir mirip seperti roll depan namun kebalikannya. Yang dimana kalian harus menekuk tubuh ke posisi jongkok dengan tangan didepan.

Dengan pelan-pelan punggung serta bantuan kaki mendorong tubuh ke belakang dengan bantuan tangan disamping bahu saat berguling serta digunakan punggung bagian belakang untuk menopang lantai.

4. Handstand

Handstand
Berdiri dengan tangan dan merupakan gerakan yang sangat membutuhkan keseimbangan. Gerakan ini biasanya digunakan di yoga atau tarian modern.

Berdiri dengan menopang menggunakan tangan dalam keadaan stabil dan posisi terbalik lurus membuat bahu, pergelangan tangan, dan lengan kalian semakin kuat.

Gerakan ini juga bisa membantu kalian meringankan stress serta meningkatkan keseimbangan karena gerakannya yang agak sulit.

5. Kayang

Kayang
Gerakan yang satu ini cukup mudah. Kalian hanya butuh punggung yang lentur dan kedua tangan, kaki membentuk busur menghadap ke langit dari tiduran atau bisa juga berdiri.

Gerakan ini harus dilakukan secara perlahan agar tidak cedera dan bermanfaat untuk meregangkan area dada, pergelangan tangan, meluruskan lengan, dan tulang punggung serta memperkuat otot-otot perut, kaki, bahu, pinggang, dan tangan.

6. Loncat Harimau

Loncat Harimau
Gerakan yang satu ini bisa melatih kewaspadaan, keseimbangan, dan kekuatan tubuh kalian yang dimana melibatkan suatu lompatan ke depan dengan menggunakan kedua tangan lurus kedepan, kemudian dilanjutkan dengan berguling seperti roll depan.

Nah, itulah 6 olahraga senam lantai dengan manfaat yang sangat banyak hanya menggunakan peralatan yang sedikit. Semoga Bermanfaat!