Olahraga Untuk Lansia

0 Comments
Olahraga Untuk Lansia

Ketika sudah lanjut usia, berolahraga adalah latihan yang sangat penting dilakukan, karena tubuh sudah mulai melemah. Tetapi, kebanyakan dari orang tua sangat disayangkan lebih memilih banyak beristirahat dirumah dan sudah tidak mau lagi bergerak aktif.

Padahal, akan lebih terhindar dan tidak mudah terkena penyakit, karena jika aktif berolahraga kesehatan dan kekuatan orang tua akan lebih baik. Menghabiskan waktunya untuk istirahat dan melakukan kegiatan yang tidak terlalu berat, seperti bersantai, duduk manis, dan menonton TV lebih menjadi pilihan bagi orang tua daripada ber-olahraga.

Mereka sudah merasa lelah dan tidak memiliki banyak energi lagi, sehingga enggann untuk bergerak. Padahal jika orang tua terus duduk atau berbaring saja tidak ada olahraga akan lebih rentan terserang penyakit pinggang, punggung, bahkan sampai ke penyakit tulang, dan penyakit serius. Aktivitas fisik sangat penting untuk orang tua, karena tubuhnya yang sudah rapuh.

Berikut manfaat terhadap olahraga terhadap kesehatan orang tua:

-Meredakan Penyakit Sendi

Arthritis adalah salah satu penyakit yang sering sekali dialami oleh orang tua. Arthritis atau biasa disebut penyakit sendi ini membuat mereka menjadi kesulitan dalam bergerak dan bagian seluruh tubuh terasa menjadi kaku. Berjalan kaki dan melakukan aktvitas ringan dapat membantu mengurangi rasa sakitnya. Dan untuk memperkuat sendi dapat dilakukan olahraga laru pagi.

-Mencegah Alzheimer atau Demensia

Alzheimer atau Demensia, penyakit tua yang membuat ketajaman pikiran dan daya ingat menurun. Semakin lanjutnya usia daya ingat dan fungsi otak akan menurun. Olahraga atau aktif bergerak dapat membantu melancarkan aliran darah ke otak dan membantu pembentukan sel otak, sehingga tetap terjaga ketajaman pikiran dan daya ingatnya.

-Menjaga kesehatan mental

Orang tua juga bisa mengalami gangguan mental, seiringnya proses penuaan, contohnya seperti lebih cepat marah, tidak bergairah, merasa rendah diri, dan bisa sampai pada depresi. Agar membuat suasana hati tetap terjaga baik, bisa melakukan sekedar berjalan kaki santai untuk mencegah gangguan mental.

-Mencegah penyakit serius

Olahraga juga bisa memperlancar metabolisme tubuh dan peredaran darah, sehingga penyakit serius yang dialami orang tua seperti stroke, diabetes, dan penyakit jantung pun bisa dicegah. Jadi, berolahraga bisa menjaga kesehatan fisik dan mental. Para orang tua dianjurkan untuk olahraga secara rutin.

Namun, orang tua hanya disarankan untuk melakukan olahraga yang tidak menguras tenaga, karena staminanya sudah tidak tinggi lagi seperti anak muda. Berikut ini adalah olahraga yang tidak menguras tenaga dan cocok untuk orang tua.

1.Berjalan Kaki

 

Olahraga Untuk Lansia

Olahraga termudah dan bisa dilakukan dimana saja yaitu berjalan kaki, sehingga cocok sekali untuk orang tua. Berjalan kaki adalah kegiatan yang sederhana menurut anak muda, melainkan untuk orang tua berjalan kaki tetaplah menguras tenaga mereka dan membakar kalori.

Usahakan untuk secara rutin melakukan berjalan kaki, dan jika mampu agar kesehatan jantung terjaga, pembuluh darah juga dapat mengalir lancar bisa ditingkatkan intensitas dengan cara memilih jalur yang menanjak dan menurun.

2.Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang ringan dan melibatkan seluruh bagian tubuh. sehingga orang tua dapat pengaruh baik untuk kesehatannya. Berenang dapat mengatasi radang sendi dan dapat memperkuat jantung saat latihan pernapasan.

3.Tai Chi

 

Senam yang satu ini dapat melatih keseimbangan karena, memiliki gerakan yang lambat dan terkontrol, sehingga meningkatkan fleksibilitas orang tua.

4.Yoga

 

Olahraga yang lembut selain Tai Chi adalah Yoga yang dapat meningkatkan fleksibilitas orang tua, sehingga tidak mudah mengalami ke-cederaan. Kesehatan mental mereka juga bisa terjaga jika melakukan yoga ini karena, dapat mengontrol emosi mereka jika melakukannya secara teratur.

5. Bersepeda

 

Memperkuat tubuh bagian bawah orang tua dengan cara mengayuh pedal sepeda sangatlah baik dan meningkatkan kinerja jantung.

Sekian manfaat dan olahraga yang cocok untuk orang tua/lansia. Menjaga tubuh tetap sehat adalah untuk kebaikan diri kita sendiri. Kalau sudah tua dan sakit akan sulit untuk di sembuhkan. Rajinlah berolahraga.