Perbedaan American Football dan Rugby

Perbedaan American Football dan Rugby

Banyak orang yang beranggapan kalau American Football dan Rugby adalah hal yang serupa. Padahal jelas bisa Anda lihat kalau 2 cabang olahraga ini dimainkan dengan cara berbeda. Serta perlengkapan untuk bermain juga sangat berbeda. Untuk memastikan kalau American Football dan Rugby benar-benar tak sama, yuk simak penjelasannya secara lengkap dibawah ini!

Perbedaan American Football dan Rugby

POST SEBELUMNYA

Manfaat Olahraga Bagi Penderita Stroke

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Olahraga Rugby dan American Football

Bedanya Olahraga Rugby dan American Football

Bagaimana cara melihat perbedaan atara olahraga American Football dan Rugby? Adalah sebagai berikut:

  • Jumlah pemain

Hal pertama yang bisa kalian lihat adalah dari jumlah barisan pemainnya. American football dimainkan antara dua tim dengan masing-masing sebelas pemain. Berbeda dengan Rugby yang dimainkan lima belas orang yang masing-masing tersebar dan memiliki fungsi masing-masing.

  • Pergantian pemain

Jika dalam permainan American Football setiap tim memiliki kesempatan untuk menukar pemainnya sebanyak yang mereka mau. Namun dalam Rugby, masing-masing tim cuma mendapat kesempatan buat melakukan perubahaan pemain sebanyak 7 kali saja.

  • Pakaian pelindung khusus

Berbicara tentang pakaian pelindung, dapat dikatakan bahwa American football mengharuskan pemain untuk menggunakan protective gears yang lengkap. Untuk pemain Rugby cukup mengenakan perlengkapan padding sederhana pada kepala, bahu, dan tulang selangka.

  • Perbedaan bola

Bola rugby juga bentuknya hampir sama dengan bola American football. Bedanya, bentuk bola rugby tidak terlalu lonjong dan ujungnya tidak terlalu runcing. Bola rugby juga biasanya berwarna putih, ada yang putih polos dan ada juga yang putih dengan campuran warna lain.

  • Tendang bola

Rugby menggunakan tendangan di bola saat melewati (menjadi satu-satunya cara untuk lolos ke depan) namun pada saat tendangan pemain yang menerima bola harus berada di belakang garis bola. Di American Football, tendangannya hanya digunakan untuk meringankan bola saat tim mencapai usaha 4 atau bawah. Tendangan ini disebut punt.

Sekadar tambahan, pada tahun 1871 terbentuk Rugby Football Union sebagai otoritas tertinggi yang menaungi klub-klub rugby di Inggris. Tujuan awalnya adalah membuat aturan-aturan terkini untuk rugby agar lebih spesifik dan lebih jauh berbeda dari sepakbola. Asosiasi rugby terpecah menjadi dua pada 1895 menjadi Rugby Union untuk level profesional dan Rugby League untuk level amatir.