Sejarah Perkembangan Baseball di Dunia

0 Comments

Baseball merupakan salah satu olahraga yang paling banyak peminatnya di Amerika Serikat. Pada abad ke 19 sudah mulai bisa telusuri bagaimana olah raga ini bisa mulai ramai peminatnya.

Awalnya para pemain amatir menggunakan peralatan seadanya yang dibuat di rumah. Baseball mulai dikenal pada tahun 1791 di Pittsfield, Massachusets, Amerika.

Tepatnya pada tahun 1903 dalam berita Inggirs beredar sebuah artikel yang diterbitkan oleh Henry Chadwick bahwa baseball berasal dari tanah Inggris.

Permainan itu berasal dari olah raga Rounders dan telah dimainkan oleh Henry Chadwick. Namun hal itu langsung dibantah oleh Albert Spalding, bahwa baseball merupakan olah raga yang dimulai di negara Amerika.

Dalam menyelesaikan permasalahan siapa penemu baseball ini, maka mulai ditunjuklah sebuah komisi yang dipimpin langsung oleh Abraham Mills, seorang Presiden Ke-4 Liga Nasional Baseball Klub Profesional. Komisi ini bekerja selama 3 tahun.

Maka hasil dari penelusuran ini menunjukan bahwa Abner Doubleday dinyatakan sebagai penemu olah raga baseball ini. Maka ia dinobatkan sebagai bapak dari olah raga baseball.

Abner Doubleday selaku penemu baseball diperkuat oleh opini yang berasal dari seorang insinyur pertambangan di Colorado. Baseball selalu dimainkan pada hari Sabtu di pinggiran Kota New York sejak tahun 1823.

Pada 23 September 1845 mulai didirikan klub pertama yaitu New York Knickerbockers. Klub ini beranggotakan Presiden Doc Adams dan Alexander Cartwright.

Baseball menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari warga Amerika. Terdapat beberapa pemain dalam olah raga. Pelempar bola di sebut pitcher, pemain pemukul bola dari pihak lawan disebut batter.

Baseball juga disebut dengan hardball untuk membedakan dengan softball. Banyak sekali perbedaan pendapat terhadap penemu ini, ada yang menyebutkan bahwa Abner Doubleday adalah penemunya, ada juga yang berpendapat bahwa Geroge Hancoc sang penemunya.

Seiring berjalannya waktu, mulailah muncul tim – tim di Amerika Utara, Karibia, Amerika Latin, dna Asia Timur. Di negara Amerika sendiri jumlah penonton yang datang ke stadion untuk menonton baseball lebih banyak ketimbang olah raga lain.

Abner Doubleday adalah seorang perwira karir Angkatan Darat Amerika Serikat, beliau lahir pada 26 Juni 1819 dan wafat pada 26 Januari 1893.

Ia berperan sangat penting dalam pertempuran di Gettysburg. Setelah perang berakhir, tepatnya di San Fransisco beliau mendapat hak paten utnuk mobil kereta api kabel. Beliau juga menjabat sebagai Presiden Theosfofical Society.

Abner Doubleday dinyatakan sebagai penemu baseball, walaupun terkait hal ini masih banyak kontroversi yang berkembang.

Meskipun memiliki karir dan pengalaman yang sangat banyak dalam bidang militer, namun dunia lebih mengenalnya sebagai penemu baseball.

Abner Doubleday wafat karena penyakit jantung. Beliau disemayamkan di New York dan dimakamkan di Arlington National, Virginia.

Pada tahun 1960, Indonesia telah mengenal baseball dan softball namun yang menjadi pencetus utama di Indonesia belum diketahui hingga saat ini.

Awlanya olahraga ini dibawa saat penjajahan. Masyarakat Indonesia lebih mengenalnya dengan nama kasti.

Jakarta dan Bandung menjadi kota yang olah raga ini berkembang pertama kali di Indonesia, bahkan sampai sekarang baseball lebih banyak dimainkan di pulau Jawa.

Saat ini juga ada berbagai macam kategori dalam olah raga baseball dan hal ini dilakukan untuk memperkenalkan baseball pada usia sedini mungkin mulai dari kategori SD, SMP, SMA, hingga senior.

Itulah sejarah mengenai bola baseball yang harus kamu tahu, semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *