Sejarah Permainan Sepak Bola di Dunia

0 Comments

Sepak bola yang yakni salah satu olahraga paling populer di dunia rupanya mempunyai sejarah yang panjang.

Permainan sepak bola yang kita lihat sekarang yakni sepak bola yang dipopuler kan di Inggris pada pertengahan abad ke-19. Melainkan, versi pilihan permainan ini sudah ada jauh lebih permulaan dan yakni komponen dari sejarah sepak bola.

Contoh pertama permainan regu yang dikenal melibatkan bola terjadi di kebiasaan Mesoamerika, meskipun saat itu bola yang dimainkan terbuat dari batu.

Permainan sepak bola itu sudah menjadi kebiasaan Mesoamerika kuno selama lebih dari 3.000 tahun yang lalu. Berdasarkan sebagian sumber, bola melambangkan sang surya dan kapten regu yang keok akan dikorbankan untuk dewa.

Peradaban Cina Kuno pada abad ke-3 dan ke-2 SM bahkan dikenal mempunyai sejarah perihal  permainan sepak bola yang kala itu dikenal dengan nama Cuju.

Cuju kemudian menyebar ke Jepang dan di Jepang saat itu sepak bola yakni event seremonial.

Bermacam-macam jenis permainan yang melibatkan bola sebelumnya sudah dikenal dari Yunani Kuno. Bola saat itu diciptakan dari potongan-potongan kulit yang diisi dengan rambut (sebelum pada abad ke-7 bola diisi menerapkan angin).

Di Roma Kuno, permainan dengan bola tak termasuk dalam hiburan di ajang besar, tetapi terjadi dalam kesibukan latihan militer.

Lalu, para orang-orang Romawi membawa sepak bola ke pulau Inggris (Britannica). Melainkan, tak pasti sejauh mana orang Inggris diberi pengaruh oleh keragaman ini dan di tingkat mana mereka mengembangkan sepak bola versi mereka sendiri.

Sejarah yang paling banyak diakui menyebutkan bahwa permainan sepak bola dikembangkan di Inggris pada abad ke-12. Pada abad ini, permainan yang menyerupai sepak bola dimainkan di padang rumput dan jalur di Inggris.

Selain dari tendangan, permainan juga melibatkan pukulan bola dengan kepalan tangan. Bentuk permulaan sepak bola ini juga jauh lebih kasar dan penuh kekerasan ketimbang sistem bermain sepak bola modern.

Fitur penting dari sepak bola saat itu yakni bahwa permainan tersebut melibatkan banyak orang dan berlangsung di zona yang luas di kota-kota (yang berimbang dimainkan di Florence, Italia dari abad ke-16 di mana itu disebut Calcio).

Permainan sepak bola kala itu menyebabkan sebagian kerusakan di kota dan bahkan memakan nyawa.  Ini akan menjadi salah satu alasan untuk para otoritas kota saat itu melarang permainan tersebut selama sebagian abad.

Melainkan permainan seperti sepak bola akan kembali ke jalur London pada abad ke-17. Itu akan dilarang lagi pada tahun 1835, tetapi pada tahap ini permainan sepak bola sudah ditentukan di sekolah awam menjadi kesibukan pembelajaran sekolah.

Upaya untuk membikin aturan yang tepat untuk permainan sepak bola dijalankan pada pertemuan di Cambridge pada tahun 1848, tetapi solusi akhir untuk seluruh pertanyaan perihal aturan tak tercapai.

Momen penting lainnya dalam sejarah sepak bola terjadi pada tahun 1863 di London, saat asosiasi sepak bola pertama kali disusun di Inggris. Ketika itu diputuskan bahwa membawa bola dengan tangan tak diizinkan.

Pertemuan tersebut juga menjadikan standarisasi ukuran dan berat bola. Konsekuensi dari pertemuan London yakni bahwa permainan itu dibagi menjadi dua kode: asosiasi sepak bola dan rugby.

Itulah sejarah lengkap mengenai sepak bola yang harus kamu tahu. Semoga artikel ini dapat begruna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *