Sejarah Lengkap Bola Voli

0 Comments

Bola voli merupakan olahraga yang cukup populer di Indonesia maupun di Internasional. Permainan ini dimainkan oleh dua grup yang setiap grupnya terdiri dari 6 orang pemain.

Permainan bola voli pertama kali diciptakan oleh William G Morgan pada tahun 1895 di Amerika Serikat.

Dulunya permainan ini bernama Minitonette dan seiring berkembangnya zaman berubah nama menjadi Volley Ball atau Bola Voli yang masih kita gunakan sekarang ini.

Awalnya, Morgan bertemu dengan James Naismith (Penemu Olahraga Basket), karena terinspirasi oleh james Naismith akhirnya Morgan menciptakan olahraga bola voli ini, kalau kita lihat penemuan bola voli itu terhitung setelah empat tahun adanya permainan bola basket.

Olahraga bola voli sendiri berdiri di bawah arahan Federasi Internationale de Volleyball (FIVB) yang merupakan induk organisasi olahraga voli internasional. Kalau di Indonesia olahraga bola voli dibawahi oleh naungan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI).

Sedikit penjelasan mengenai perubahan nama bola voli, pada mulanya minitonette diciptakan khusus anggota YMCA untuk usia dewasa. Perubahan nama menjadi Volley Ball (Bola voli) terjadi pada tahun 1896, tepatnya di pertandingan pertama acara internasioanl YMCA Training School.

Morgan lalu menjelaskan teknis bole voli ini kepada semua instruktur pendidikan jasmani dimana teknisnya permainan ini diikuti oleh dua grup yang setiap grup terdiri dari 5 orang.

Selain itu, permainan bola voli juga bisa dilakukan di dalam maupun di luar lapangan dan ada juga yang bisa dimainkan oleh banyak orang.

Voli sendiri masuk ke Indonesia ketika masa penjajahan Belanda sekitar tahun 1928. Namun, dulu permainan ini tak cukup merakyat karena hanya dimainkan oleh bangsawan serta orang Belanda.

Awalnya perkembangan bola voli di Indonesia di pelopori oleh guru – guru pendidikan jasmani dari Belanda.

Kemudian seiring berkembangnya waktu, bola voli pun dimainkan para tentara saat melakukan latihan di lapangan terbuka, mereka pun juga sering mengadakan pertandingan antar regu.

Bola voli berkembang sangat pesat, banyak klub-klub bermunculan dari kota-kota besar yang kemudian melahirkan persatuan bola voli seluruh Indonesia tepatnya pada tanggal 22 Januari 1955.

Berbeda dengan permainan lainnya, permainan bola voli tidak memiliki batasa waktu, Tim pemenang adalah tim yang lebih dulu mampu mengumpulkan 25 poin atau telah mencapai rally point.

Penentuan tim pemenang menggunakan sistem two winning set atau three winning set. Peraturan permainan voli juga cukup mudah dipahami.

Aturannya cukup mempertahankan bola agar tidak jatuh di wilayah sendiri dan mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net dengan maksimal sentuhan sebanyak 3 kali.

Permainan bola voli diawali dengan servis, servis adalah serangan pertama yang dilakukan oleh tim/regu dalam permainan bola voli, servis ini terdiri dari dua yaitu servis tangan bawah dan servis tangan atas. .

Sistem pertandingan bola voli

  • Setiap regu terdiri dari 10 pemain dengan 6 pemain inti dan 4 pemain cadangan
  • Paling tidak minimal ada 4 pemain yang dimainkan di lapangan
  • Jika jumlah pemain kurang dari 4 orang maka otomatis tim dinyatakan gugur
  • Pergantian pemain tidak ada batasanya
  • Pertandingan berlangsung 3 babak (2 kemenangan) atau 5 babak (3 kemenangan).

 

Larangan permainan bola voli

  • Pemain menyentuh net atau melewari batas tengah lapangan
  • Saat serve dilarang melewati garis atau menginjaknya
  • Tidak diperbolehkan menangkap dan melempar bola voli, menyentuh bola harus melalui pantulan
  • Setiap regu hanya diperbolehkan melakukan satu kali timeout dalam satu babak

 

Itulah beberapa informasi mengenai bola voli. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama untuk kalian yang suka dengan voli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *